Cara Merubah Waiting Room Zoom Meeting Secara Mudah dan Cepat

merubah-tampilan-waiting-room-zoom-meeting

Halo temen-temen semua, dalam artikel kali ini aku bakal ngasih tau ke temen-temen semua tentang cara untuk kustomisasi waiting room yang ada di aplikasi zoom. Biasanya kan ketika kita masuk dalam waiting room cuma ada tulisan “Please wait, the host will accept you soon”. Kan ngebosenin tuh kalua ngeliat kata-kata itu terus. Nah ternyata, si tampilan waiting room itu bisa di kustomisasi loh. Ini bakal berguna banget untuk kamu yang lagi menyelenggarakan acara webinar berskala besar gitu.

Namun sebelum melangkah lebih jauh, syarat dari tutorial ini adalah akun zoom kamu haruslah premium. Alias tidak menggunakan akun standar basic yang 40 menitan itu. Atau kalau lagi menggunakan zoom yang sewa harian juga tetap bisa kok, selama akunnya berlisensi premium.

Sekarang mari kita masuk ke tutorialnya.

Catatan: Bagi kamu yang mau akun zoom standarnya jadi premium, boleh banget nih baca caranya disini Cara Membuat Zoom Unlimited Gratis!

Cara kustomisasi waiting room zoom meeting
Contoh waiting room yang telah dirubah

Cara Kustomisasi Tampilan Waiting Room Zoom Meeting

Sebelum memasuki tutorialnya, aku berikan terlebih dahulu gambar yang nantinya bisa membantu kamu untuk membayangkan langkah yang kudu diambil ketika proses kustomisasi berlangung.

Cara kustomisasi waiting room zoom meeting

Setting Zoom Meeting Terlebih Dahulu

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk merubah tampilan waiting room zoom meeting:

Perlu diingat: Cara ini hanya bisa diterapkan pada akun zoom yang berlisensi premium saja, tidak bisa digunakan pada zoom versi basic.

  1. Login ke dalam akun zoom premium kamu. Pastikan email dan password yang kamu masukkan benar yaa!
  2. Jika sudah masuk ke akun zoom premium, silakan klik bagian setting dan pilih bagian waiting room.
  3. Pada bagian waiting room options, disitu akan ada tombol edit options dan customize waiting room. Nah karena kita ingin kustomisasi waiting room, maka kita klik yang bagian customize waiting room.
  4. Setelah jendela kustomisasi terbuka, disitu kamu bisa mengubah 3 komponen yang meliputi teks utama, logo waiting room, dan menambahkan deskripsi yang akan dimunculkan dalam waiting room.
  5. Jika kamu sudah merasa yakin akan kustomisasi yang dilakukan, silakan klik simpan dan close.
  6. Waiting room di aplikasi room zoom kamu kini telah berubah.
Cara kustomisasi waiting room zoom meeting
Contoh waiting room yang telah dikustomisasi

Keuntungan Menggunakan Waiting Room Kustom di Zoom Meeting

Penerapan hal ini akan sangat berguna bagi para dosen ataupun penyelenggara acara besar. Nantinya pada bagian waiting room bisa kita berikan deskripsi mengenai acara kita, atau bahkan juga bisa kita berikan aturan-aturan yang harus dipatuhi ketika jalannya rapat menggunakan zoom nantinya.

Selain itu, dengan adanya fitur untuk mengubah logo waiting room, ini akan membuat kamu terkesan lebih professional di mata para murid, klien, atau peserta rapat kamu.

Kesimpulan

Begitulah langkah mudah untuk mengganti tampilan waiting room atau ruang tunggu ketika melakukan online video conference menggunakan zoom meeting. Dengan kamu mengganti tampilan waiting room maka akan semakin meningkatkan citra profil yang lebih bagus di mata partisipan acara ataupun rapat.

Sudah dulu artikel singkat kita kali ini, semoga bisa membantu kamu yaa! Terima kasih telah mampir dan membaca sampai habis. Jangan lupa berikan komentar dan rekomendasikan cara ini ke temen-temen kamu!