5 Cara Terbaik Mengatur Keuangan Mahasiswa Rantau

Cara ngatur keuangan mahasiswa rantau


Gimana Cara Ngatur Waktu Buat Mahasiswa Perantauan?

Pertanyaan ini mungkin bakal sering baanget kita temui, terlebih bagi mahasiswa perantauan uang adalah segalanya. Kondisi jauh dari orang tua memaksa mereka untuk harus bijak mengatur keuangan diri mereka sendiri.

Sebagai mahasiswa tentunya ada banyak pula kebutuhan menyangkut finansial yang harus diselesaikan, let say mulai dari makan, minum, urusan belanja buku, uang kegiatan, uang transportasi, uang traktir teman, uang healing dan masih banyak lainnya.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara mengatur keuangan bagi mahasiswa rantau? Nah disini nanti bakal aku jelasin beberapa hal yang udah aku terapkan untuk menjawab pertanyaan ini, semoga saja ini bisa membantu kalian untuk mewujudkan manajemen keuangan yang baik dan tidak sengsara di akhir bulan ya gays

Susun rencana pengeluaran selama satu bulan kedepan

Ini penting banget nih, kamu sebagai mahasiswa tentunya harus paham tentang cara menyusun rencana anggaran belanjamu selama satu bulan kedepan. Sebisa mungkin segera lakukan hal ini sebelum masuk ke bulan selanjutnya. Kamu bisa mencatat calon-calon pengeluaran apa aja yang kiranya bakal terjadi.

Pertama, kamu bisa membuat list pengeluaran rutin yang sifatnya selalu dan wajib dilakukan, misalnya uang untuk makan, uang beli bensin untuk transportasi, dan juga uang kas angkatan misalnya. Nah ketika kamu sudah berhasil menentukan uang apa aja yang wajib dikeluarkan, setelahnya kamu bisa menyusun uang printilan yang kamu rencakan untuk memakainya di bulan itu.

Let say di bulan depan nanti kamu pengen dan merencakan untuk membeli buku bacaan, maka silakan kamu rencanakan hal itu di rancangan pengeluaran bulanan. Hal ini berlaku untuk jenis-jenis pengeluaran lainnya, bahkan untuk pengeluaran kepada orang tua. Misalkan di bulan depan kamu ingin mengirimkan sejumlah uang bahagia kepada orang tuamu, maka masukkan itu di rancangan pengeluaranmu yaa!

Kamu bisa mengevaluasi pengeluaran tiap akhir bulan, kamu bisa untuk meng-cut pengeluaran apa aja yang ternyata tidak jadi kamu pakai dan bisa menambah pengeluaran yang terjadi masih kurang supply uang.

Jangan malas untuk mencatat pengeluaran tiap hari

Ini penting banget juga loh! Kamu jangan sampai malas untuk melakukan pencatatan pengeluaran di setiap selesai melakukan transaksi apapun itu.

Ini bertujuan supaya melatih jiwa konsistensi kamu dalam mewujudkan kesehatan keuangan yang lebih baik, selain itu ini juga bermanfaat untuk mengetahui secara aktual berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran yang terjadi dalam satu bulan kehidupanmu sebagai anak kuliah rantau di kota orang lain.

Nabung itu penting untuk nyelametin uangmu

Ini klise banget tapi percayalah bahwa nabung itu ternyata habit yang menyenangkan jika kamu berhasil konsisten dengannya. Kamu bisa mulai menyisihkan sebagian uangmu untuk dipakai menabung. Pilih tabungan yang bisa kamu gunakan pun banyak, mulai dari menggunakan cara konvensional hingga investasi.

Cara konvensial menabung yang bisa kamu lakukan misalkan dengan cara menyisihkan sebagian uang untuk dimasukkan ke celengan atau rekening tabungan khusus. Ini akan bermanfaat suatu waktu ketika kamu membutuhkan dana darurat.

Nah, yang lebih keren lagi adalah ketika kamu mau mencoba untuk berinvestasi secara rutin di instrumen pasar modal yang sifatnya rendah risiko, misalkan di reksadana pasar uang atau di reksadana obligasi. Dengan memasukkan uang pada instrumen tersebut, kamu bisa menumbuhkan uangmu dan menahan uangmu untuk tidak tergerus laju inflasi loh?

Lebih lanjutnya nanti akan ada artikel khusus, untuk sementara silakan diresapi dulu saja yaa! 

Buat rekening khusus untuk pengeluaran? Asik juga tuh

Ini seru nih gais, kamu bisa membuka rekening tabungan baru yang tanpa biaya admin bulanan atau yang biaya admin bulanannya rendah, nanti dengan rekening tersebut kamu bisa menyisihkan uang yang memang sengaja akan dipakai untuk satu bulan mendatang.

Katakanlah dalam bulan depan kamu merencanakan untuk menggunakan 3 juta rupiah, langkah yang bisa kamu ambil adalah memasukkan uang tersebut ke rekening khusus tadi dan mulai menggunakannya secara normal. Ketika uang dalam rekening tersebut telah habis, kamu sudah tidak bisa lagi menambah dari rekening utama kamu.

Dengan cara itu kamu bakal jadi pribadi yang bisa memanajemen kapan harus boros dan kapan harus hemat serta akan stop ketika uang alokasi sudah habis, hehehe sepertinya seru yah!

Nyari tambahan duit lewat kerja part time asik juga loh

Ini pedang pamungkas yang bisa kamu terapkan di kehidupan kuliah, terlebih bagi anak rantau yang support uang dari orang tua sangatlah terbatas, kamu bisa mencoba untuk mencari kerja sampingan guna menambah pemasukan kantong mahasiswa.

Tentunya lakukan hal ini jika dan hanya jika tugas serta urusan perkuliahan kamu sudah selesai ya, ini penting supaya kamu tidak terganggu dan tidak terlena akan kenikmatan mendapatkan uang di bangku perkuliahan.

Kesimpulan


Cara ngatur uang versi mahasiswa perantuan tuh sebenarnya yaa gitu-gitu aja, ini tinggal gimana kamu mau memulai dengan tips yang memang relevan dengan kamu. Harapannya kalau kamu memang mewujudkan lima tips diatas tadi, kamu bisa makin jago mengelola dan ngatur uang di masa perkuliahanmu, syukur-syukur selesai kuliah malah punya tabungan yang banyak buat modal usaha. 

Nah, gitu aja pembahasan tentang cara mengatur dan manejemen keuangan mahasiswa rantau, jangan lupa berkomentar cerita kamu untuk mewujudkan kesehatan finansial yaa! Salam sehat selalu!